Tips Merawat Peralatan Masak Agar Awet dan Tahan Lama

Tips Merawat Peralatan Masak Agar Awet dan Tahan Lama

Tips Merawat Peralatan Masak – Memasak merupakan salah satu rutinitas yang sering dilakukan di rumah. Berbagai macam alat masak pun dimiliki, terutama bagi kamu yang gemar bereksperimen dan mencoba resep-resep baru. Tentunya, memiliki peralatan memasak yang lengkap memberikan kepuasan tersendiri.

Terlebih lagi jika peralatan tersebut awet dan tidak perlu sering diganti. Namun, terkadang ada insiden yang terjadi sebelum, selama, atau setelah memasak. Untuk mencegah hal-hal tersebut, disini terdapat tips merawat peralatan masak yang kamu miliki agar awet dan tahan lama.

Baca Juga : 10+ Model Desain Kitchen Set Minimalis Terbaik

Tips Dalam Merawat Peralatan Masak 

Ilustrasi Laki - Laki yang Sedang Mencuci Alat Masak
Ilustrasi Laki – Laki yang Sedang Mencuci Alat Masak – Sumber : Istock

Berikut ini beberapa tips untuk merawat peralatan masak yang kamu miliki:

1. Perhatikan Panduan Perawatan Produk

Ketika membeli peralatan memasak, produsen biasanya menyertakan panduan perawatan yang sebaiknya dibaca dengan seksama. Setiap produk memiliki cara perawatan yang berbeda dan produsen tahu cara terbaik untuk merawatnya.

Misalnya, peralatan masak dari stainless steel memerlukan perawatan yang berbeda dibandingkan dengan peralatan dari teflon atau kaca.

2. Segera Pindahkan dari Kompor setelah Selesai Memasak

Setelah selesai memasak, segera pindahkan masakan ke piring saji atau letakkan peralatan masak di atas tatakan panci. Kemudian, segera angkat peralatan masak dari kompor untuk menghindari kerusakan pada lapisan bawah alat masak akibat panas dari kompor.

3. Cuci Peralatan Masak pada Suhu Normal

Tunggu hingga peralatan memasak kembali ke suhu normal sebelum dicuci. Hindari mencuci peralatan masak saat masih panas.

4. Pilih Alat Mencuci yang Tepat

Untuk mencuci peralatan memasak, gunakan spons yang lembut atau alat cuci dari silicone food grade. Hindari penggunaan spons kasar karena dapat merusak lapisan anti lengket pada panci atau wajan. Gosoklah dengan lembut, dan jika makanan masih menempel, bersihkan dengan air mendidih.

5. Simpan Peralatan Masak dengan Benar

Simpan peralatan memasak di tempat yang kering dan tertata rapi. Pastikan peralatan sudah kering sebelum disimpan untuk menghindari pertumbuhan jamur. Tata peralatan satu per satu agar tidak saling bergesekan dan untuk meminimalisir risiko jatuh atau rusak.

Nah itulah tadi Tips Merawat Peralatan Masak Agar Awet dan Tahan Lama.

Simak informasi lainnya di Blog Reseppedia !

Tags

Mungkin Kamu Juga Suka

Terbaru

Kategori